Welcome

Rabu, 26 November 2014

(TULISAN 2) Sejarah The Big Four KAP

Sejarah the big four KAP
KAP ( Kantor akuntan publik) adalah badan usaha yang telah mendapatkan izin dari menteri keuangan sebgaia wadah bagi akuntan public dalam memberikan jasanya. Sekarang ini terdapat empat kantor akuntan berskala internasional yang terbesar atau biasa dikatakan the big four yang menangani sebgaian besar audit bagi perusahaan baik perusahaan terbuka maupun perusahaan tertutup.
Sebelumnya kelompok kantor akuntan terbesar the big four ini adalah “big eight” dan kemudian adanya serangkaian merger dan likuidasi Arthur Andersen yang terlibat skandal atas enron pada tahun 2001.

The big eight
The big eight berlangsung sampai dengan tahun 1989. Kantor- kantor tersebut adalah:
1.           Arthur Andersen
2.          Arthur young& company
3.          Coopers& Lybrand
4.          Ernst& whinney ( sampai dengan tahun 1979)
5.          Delloitte Haskins& sells( sampai dengan tahun 1978)
6.          Peat Marwick Mitchell ( berubah nama menjadi Peat Marwick)
7.          Price waterhouse
8.          Touche ross

Sebgaian besar the big 8 merupakan aliansi antara firma yang berasal dari british dan US pada abad ke 19 atau awal abad ke 20. Price waterhouse merupaka UK yang kemudian membuka cabang di US pada 1890 dan kemudian terpisah dan berdiri sendiri. Firma peat Marwick Mitchell merupaka gabungan firma US dan UK dan menggunakan nama yang sama loada tahun 1925, firma lainnya menggunakan nama yang berbeda untuk domestic business ( tidak menggunakan nama bersama/ common names), antara lain touché ross pada tahun 1960, Arthur young(at first Arthur young, McLelland Moores) tahun 1968, coopers& Lybrand pada tahun 1973, deloitte Haskins( sells pada tahun 1978 dan Ernst& whinney pada tahun 1979.

The big six
Dari the big eight berubah menjadi the big six yang berlanmgsung dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1998.
Dikarenakan kompetensi diantara kantor akuntan yang semakin intensif membuat the big eight menjadi the big six pada juni 1989 yaitu ketika Ernst& whinney merger dengan Arthur young menjadi Ernst& young dan juga Deloitte Haskins& Sells merger dengan Touché Ross menjadi Deloitte& Touché pada agustus 1989.

Yang termasuk kedalam the big six adalah:
1.        Arthur Andersen
2.       Coopers& Lybrand
3.       Ernst& young
4.       Deloitte& touché
5.       Peat Marwick Mitchell
6.       Price waterhouse

The big five
Pada juli 1998 ketika price waterhouse merger dengan coopers& Lybrand menjadi price water house coopers the big six berubah menjadi the big five.

Yang termasuk kedalam the big five adalah
1.        Arthur Andersen
2.       Ernst& young
3.       Deloitte& touché
4.       Peat Marwick mithchell
5.       Pricewaterhousecoopers

The big four
The big four berlangsung dari tahun 2002 hingga sekarang,  kasus kolapsnya enron ternyata telah menyeret Arthur Andersen yang mengaudit laporan keuangan enron kedalam serangkaian penyelidikan oleh otoritas bursa US. Hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa Arthur Andersen terlibat dalam skandal tersebut. Kantor akuntan Arthur Andersen didakwa melawan hukum karena menghancurkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengauditan enron dan menutupi kerugian jutaan dolar. Hasil keputusan hukum secara efektif menyebabkan kebangkrutan secara global dari bisnis Arthur Andersen. Dan kantor akuntan diseluruh dunia yang berada dibawah bendera Arthur Andersen seluruhnya dijual dan kebanyakan menjadi anggota kantor k=akuntan internasional lainnya. Di UK, para partner Arthur Andersen setempat kebanyakn bergabung dengan Ernst& young dan deloitte touché tomatsu. Di insonesia sendiri, para partner Arthur Andersen pada akhirnya bergabung dengan Ernst&young.

Dan yang termasuk kedalam the big four adalah
1.        Pricewaterhousecoopers(PWC)
Pricewaterhousecoopers (PWC) adalah kantor jasa professional terbesar di dunia saat ini. Di amerika serikat kantor ini beroperasi dengan nama Pricewaterhousecoopers LLP yang merupakan perusahaan swasta terbesar keenam.
2.       Deloitte Touche Tohmatsu
Deloitte Touche Tohmatsu adalah urutan kedua terbesar didunia dalam bidang jasa professional. Deloitte di Indonesia diwakili oleh Osman Bing Satrio dan Rekan juga didukung oleh PT Deloitte Konsultan Indonesia dan Deloitte Tax Service.
3.       Ernst&young (EY)
Ernst & young merupakan perusahaan global yang terdiri dari sejumlah anggota EY Global yang bermarkas di London, EY AS di new York, dan EY Indonesia di Jakarta.
Di Indonesia sendiri Ernst& Young berafiliasi dengan kantor akuntan public Purwantono, Suherman & Surja (PSS).
4.       KPMG
KPMG merupakan salah satu perusahaan jasa professional terbesar didunia. Setiap perusahaannasional KPMG adalah sebuah badan legal Independen dan merupakan anggota dari KPMG Internasional perusahaan swiss verein yang bermarkas besar di Belanda.
Di Indonesia sendiri KPMG memiliki partner local yaitu Kantor Akuntan Publik Siddharta & Widjaja yang dipimpin oleh Tohana Widjaja.

Kantor akuntan yang menjadi the big four firms adalah sebagai berikut:
Firm
Revenues
People
Fiscal Year
Deloitte Touche Tohmatsu
$27.4bn
165,000
2008
PricewaterhouseCoopers
$25.2bn
146,700
2007
Ernst & Young
$21.1bn
130,000
2007
KPMG
$19.8bn
123,000
2007

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

for me

i'm a girl who dreamer, muslim,using headdress (hijab),i love allah, and one of the most important for my live are my parents and fams. i love them well so much, and hope you enjoy with this site ,thank you for visit my blog :)
Thank You