Welcome

Rabu, 26 November 2014

(TULISAN 1) Kecurangan Dalam Akuntansi

 Kecurangan Dalam Akuntansi
Kecurangan dalam akuntansi yang biasanya disebut dengan kata fraud yaitu merupakan penyimpangan dari Prosedur akuntansi yang benar. Menurut Alison (2006) dalam artikelnya yang berjudul Fraud auditing mendefinisikan fraud sebagai bentuk penipuan yang disengaja dilakukan yang menimbulkan kerugian tanpa disadari oleh pihak – pihak yang dirugikan dan memberikan keuntungan bagi pelaku kecurangan.
Sedangkan blac’s law dictionary fraud menguraikan pengertian fraud mencakup segala macam yang dapat dipikirkan manusia, dan yang diupayakan oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan dari orang lein dengan saran yang salah atau pemaksaan kebenaran dan mencakup semua cara yang tidak terduga, penuh siasat.

Tipe tipe kecurangan akuntansi
Albrecht, et,al. (2009:11) menjelaskan beberapa tipe kecuranagn sebagai berikut:
1.        Tipe kecurangan : employee embezzlement
Pelaku kecurangan : keryawan
Korban : pimpinan
Keterangan: karyawan mengambil alih asset milik perusahaan
2.       Tipe kecurangan: vendor fraud
Pelaku kecurangan: produsen
Korban: perusahaan yang membeli barang/ jasa
Keterangan: vendor memberikan harga lebih tinggi atau kualitas maupun kuantitas yang lebih rendah dari yang telah disepakati
3.       Tipe kecurangan: Customer fraud
Pelaku kecurangan: produsen
Korban: perusahaa yang menjual barang/ jasa
Keterangan: pelanggan menipu penjual agar mereka mendapatkan lebih dari yang seharusnya
4.       Tipe kecurangan: management fraud
Pelaku kecurangan : top manajemen
Korban: stockholders dan para [pengguna laporan keuangan
Kleternagan: top manajemen memanipulasi laporan keuangan dan menyajikan informasi yang bias.
5.       Tipe kecurangan: investment scams and other customer fraud
Pelaku kecurangan: perorangan
Korban: investor
Keterangan: jenis penipuan yang dilakukan agar pihak lain percaya dan menenemkan modalnya.
6.       Tipe kecurangan: other
Pelaku kecurangan: segala kalangan
Korban: segala kalangan
Keterangan: setiap kali seseorang mengambil keuntungan dari kepercayaan orang lain untuk melakukan penipuan.

Klasifikasi Kecurangan akuntansi
Asosiasi pemeriksaan kecurangan bersertifikat merupakan organisasi professional bergerak dibidang pemeriksaan kecurangan yang berkedudukan di amerika serikat, mengklasifikasikan fraud dalam tiga kelompok berdasarkan perbuatan, yaitu:
1.        Penyimpangan atas asset, yaitu penyalahgunaan atau pencurian asset perusahaan atau pihak lain. Penyimpangan ini mudah dideteksi karena sifatnya yang tangible atau dapat diukur/dihitung.
2.       Pernyataan palsu atau salah pernyataan, yaitu tindakan untuk menutupi kondisi keuangan yang sebenarnya dengan melakukan rekayasa keuangan dalam penyajian laporan keuangan untuk memperoleh keuntungan atau dpata dianalogkan dengan istilah wondow dressing.
3.       Korupsi, yaitu jenis fraud yang paling sulit dideteksi karena menyangkut kerjasama dengan pihak lain.

Contoh praktik kecurangan akuntansi yang pernah di lakukan, diantaranya:
1.        Enron corp
Perusahaan terbesar ke tujuh di AS yang bergerak dibidang industry energi, dimana para manajernya memanipulasi angka yang menjadi dasar untuk memperoleh kompensasi moneter yang besar. Praktik kecurangan yang dilakukan antara lain di Divisi pelayanan energy, para eksekutif melebih – lebihkan nilai kontrak yang dihasilakn dari estimasi internal. Pada proyek perdagangan luar negeri misalnya di India dan Brasil, para eksekutif membukukan laba yang mencurigakan. Adanya strategi yang salah, investasi yang buruk dan pengendalian keuangan yang lemah menimbulakn ketimpangan neraca yang sangat besar dan harga saham yang dilebih-lebihkan, hal ini mengakibatkan ribuan orang kehilangan pekerjaan dan kerugian pasar milyaran dollar pada niali pasar (Schwartz, 2001: Mclean, 2001). Kasus ini diperparah dengan praktik akuntan public (KAP) Arthur Andersen terhadap enron. Arthur Anderson yang sebelumnya merupaka salah satu the big six tidak hanya melakukan manipulasi laporan keuangan enron tetapi juga telah melakukan tindakan yang tidak etis dengan menghancurkan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan kasus enron. Indepedensi sebagai auditor terpengaruh dengan banyaknya mantan pejabat dan senior KAP Arthur Andersen yang bekerja dalam department akuntansi enron corp. Enron dan Andersen yang merupakan dua raksaksa industri dibidanganya pun sama-sama kolaps dan menorehkan sejarah kelam dalam praktik akuntansi.

2.       Indonesia
Di Indonesia sendiri terdapat skandal akuntansi yang merupakan salah satu kasus yang ramai diberitakan dimana adanya keterlibatan 10 KAP di Indonesia dalam praktik kecurangan.  10 kap tersebut ditunjuk untuk mengaudit 37 bank sebelum terjadinya krisis keuangan pada tahun 1997. Hasil audit mengungkapkan bahwa laporan keuangan bank-bank tersebut sehat. Namun, saat krisis menerpa Indonesia bank-bank tersebut kolaps dikarenakan kinerja kuangan yang buruk. Setelah pemerintah melakukan investigasi barulah terungkap bahwa KAP-KAP tersebut terlibat dalam praktik kecurangan akuntansi.

Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

for me

i'm a girl who dreamer, muslim,using headdress (hijab),i love allah, and one of the most important for my live are my parents and fams. i love them well so much, and hope you enjoy with this site ,thank you for visit my blog :)
Thank You