Welcome

Rabu, 18 Maret 2015

Kasus 2-1 Apakah Klasifikasi Akuntansi Telah Ketinggalan Zaman ?

1.     Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermafaat dan ketinggalan zaman? Mengapa atau mengaa tidak ?
      Jawab :
    Saya kurang setuju dengan pendapat Cairn yang menyatakan bahwa saat ini klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan. Menurut saya pengklasifikasian akuntansi sangatlah bermanfaat misalnya seperti dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menilai prospek dan problem dalam masalah harmonisasi internasional. Selain itu manfaat nya juga sudah tertuang pada tujuan klasifikasi akuntansi seperti dapat membantu mengetahui sejauh mana suatu sistem memiliki kesamaan dan perbedaan, Bentuk-bentuk perkembangan sistem akuntansi suatu negara dibandingkan yang lain serta kemungkinannya untuk berubah, dan alasan mengapa suatu sistem mempunyai pengaruh dominan dibandingkan dengan yang lain.

2.    beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip di kalangan perusahaan “kelas dunia” perusahaan-perusahaan multinasional terbesar di dunia dan khususnya yang mencatatkan sahamnya di bursa efek utama seperti London, New York dan Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini ?
      jawab:
   Pendapat yang dikemukakan kurang relevan karena memang seharusnya perusahaan-perusahaan multinasional menyesuaikan laporan keuangan mereka guna mempermudah pengguna di seluruh dunia yang dimana pelaporan keuangan itu dijasikan sebagai sarana informasi. Jadi pelaporan keuangan harus dibedakan antara tingkat domestik dengan tingkat internasional. Faktor penyebab yang paling berpengaruh adalah kemajuan teknologi dalam mengakses informasi tersebut secara cepat dan juga tingkat perkembangan ekonomi didalam suatu negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

for me

i'm a girl who dreamer, muslim,using headdress (hijab),i love allah, and one of the most important for my live are my parents and fams. i love them well so much, and hope you enjoy with this site ,thank you for visit my blog :)
Thank You